JIPFest 2019

Flyer Temu bisnis pelaku ekonomi kreatif di Bali
 Jakarta - Bingung akhir pekan mau ke mana? Ayo mampir lokasi-lokasi Jakarta Internasional Photo Festival (JIPFest) 2019. Ini adalah ajang festival foto massal yang digelar di titik-titik strategis di seputaran Jakarta.

  Ada 61 acara dalam rangkaian JIPFEST 2019 yang digelar 23 Juni - 7 Juli 2019, menampilkan lebih dari 60 figur industri dalam dan luar negeri.

    JIPFest 2019 hadir di 17 lokasi seputar Jakarta Pusat, di antaranya di Taman Menteng, Sarinah, Taman Ismail Marzuki, Goethe-Institut, IFI Jakarta, ruang seni Rubanah, Artotel Thamrin, restoran Tugu Kunstkring Paleis, Jakarta Creative Hub, Galeri Indonesia Kaya, Cohive D.Lab, Kedai Tjikini, Rujak Center For Urban Studies, Kekini, Upnormal Coffe Roasters Raden Saleh, Cohive Filateli.

    JIPFest sekaligus menjadi ajang pamer karya bagi para fotografer melalui bersua, berdialog, bertukar cerita dan sebagai arena untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dengan beragam tempat dan segmen.

    Festival yang diselenggarakan menampilkan 13 program yang terdiri dari Exhibitions, Fringe, Workshops, Urban Photo Tour, VIP Dinner, Performances, Bazaar, Panel Discussions, Artist Talks, Public Lectures, Portfolio Review, Projection Nights, dan Currator Lab.

     Mayoritas kegiatan dalam JIPFest terbuka gratis untuk umum, termasuk Projection Night, semacam layar tancap yang menampilkan karya fotografi; Artist Talk untuk pembahasan karya fotografi; serta Panel Discussion yang mendiskusikan berbagai isu fotografi global bersama tokoh-tokoh fotografi.

    Budaya tukar ilmu, kritik dan saran juga dibentuk JIPFest melalui program seperti Currator Lab (pelatihan kurator foto), Workshops (pelatihan keahlian industri fotografi, termasuk pembuatan buku foto dan visual storytelling), serta Portfolio Review (menghadirkan 25 tokoh fotografi, media dan seni untuk memberi kritik konstruktif pada fotografer).

    Karya-karya yang ditampilkan JIPFest 2019 dipilih berdasarkan tema yang telah ditentukan. Temanya yaitu Identitas, sehingga karya yang ditampilkan adalah karya yang memberikan identitas pada kekhasan Indonesia itu sendiri.

Peserta pameran tersebut di pilih dan di seleksi terlebih dahulu melalui open call, yang kemudian menghasilkan 36 fotografer dari 76 negara diantaranya negara Bangladesh, Argentina dan lain sebagainya.

    Festival Director JIPFest 2019, Cristian Rahadiansyah, menyampaikan, acara ini membawa tiga misi utama. Pertama, menciptakan wadah bagi pelaku fotografi dan publik untuk bertemu, bertukar gagasan, berbagi ilmu, dan berkolaborasi. Kedua, menciptakan marketplace bagi pelaku fotografi untuk menjual karya, menawarkan jasa, melebarkan jaringan.

      "Ketiga, kami ingin Indonesia tertera kian jelas dalam peta fotografi internasional. Untuk itu pula kami mendatangkan bintang-bintang asing yang berpengaruh di gelanggang fotografi global. Saya berharap bakat-bakat hebat Indonesia tertangkap radar mereka,” katanya, di Jakarta, Rabu 3 Juli 2019.

    JIPFest 2019 jadi hajatan akbar bagi masyarakat fotografi Indonesia. Meski begitu, festival ini bukanlah hajatan fotografi internasional pertama di Indonesia.

       Setidaknya hal itu yang disampaikan oleh Oscar Motuloh, kurator Galeri Foto Jurnalistik Antara. "JIPFest 2019 bukan perhelatan skala internasional pertama. Tapi hajatan ini yang terbesar," kata dia.

    Oscar menyebut bahwa Indonesia sudah punya beberapa perhelatan fotografi level internasional, misal: Salon Foto Indonesia (1956), Festival FOTO.ID (2005), The Jakarta International Photo Summit (JIPS, 2014), dan Vision International Image Festival (2013).

      Lepas dari itu, JIPFest 2019 telah menyediakan saluran bagi orang-orang yang punya semangat sinau -- mengumpulkan ilmu. Pun, perhelatan itu bisa dilihat sebagai upaya mendekatkan fotografi kepada masyarakat luas.

    Meminjam perkataan Oscar, JIPFest 2019 laik dirayakan. "Rayakanlah 180 tahun kehadiran fotografi di dunia dengan gembira, sambil menikmati banyak karya hebat, dan mencari esensi," ujarnya.




Dokumentasi Acara
Daftar Peserta
No Nama Nama Usaha
1 Unobtainium Unobtainium
2 Kemilau Indonesia Kemilau Indonesia
3 Afterhours books Afterhours books
4 Red & White Publishing Red & White Publishing
5 Toku toku film lab Toku toku film lab
6 Sliraku Sliraku
7 Jipfest shop Jipfest shop
8 Indonesia Trip Advisors Indonesia Trip Advisors
9 Surya Palace Jaya Surya Palace Jaya
10 Tjandra Moh Amin Tjandra Moh Amin
11 Sweet Escape Sweet Escape
Infografis
infografis belum tersedia
Testimoni
testimonial belum tersedia

Tanggal

03 Jul 2019

Lokasi

TEATER KECIL, TAMAN ISMAIL MARZUKI

Program

JIPFest 2019

Kegiatan

JIPFest 2019
Acara Selesai